Sejarah Android

Android merupkan Sistem Operasi untuk perangkat Telpon Seluler yang berbasiskan Linux. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam program (Opensource). Android pada mulanya adalah perusahaan kecil yang berbasis di Palo Alto, California. Perusahaan yang bernama Android, Inc ini kemudian dibeli oleh pihak Google pada tahun 2005. Sistem Android pertama kali ditemukan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White pada tahun 2003, kemudian Google mengambil alih Android inc pada tahun 2005 yang kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance.

Setelah dibeli, Google mengangkat Andy Rubin sebagai Vice President of Engineering urusan android, google menyadari, Andy Rubin yang berkutat di android adalah orang yang paling mengerti tentang android, orang ini tetap harus memimpin.

Andy menjelaskan ada point utama kenapa android harus dibuat. "Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah operating system yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di setiap level di dalamnya. Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2", 3" atau 4". Bisa menggunakan keyboard, boleh tidak, boleh ada kamera depan atau tidak. Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll. Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang menjadi pilihan mereka. Dan begitulah dasar dari android yang ada sekarang, dalam usia masuk 2 tahun, android ada di berbagai merk, ada yg murah , ada yang mahal, ada yg layar 2 inch, 3" , 4" bahkan 5" dan 7", ada yang kecepatan prosesornya 300Mhz, ada yang 1Ghz, dan ada yang lebih dari itu , ada yang berkeyboard, ada yang berlayar sentuh kapasitif, resistif, berkamera depan, berkamera 3MP, 5MP, 8MP dll, juga dengan berbagai dukungan operator berbeda beda, android fit di dalamnya."

Andy memaprkan: Jadi jika kita adalah orang yang percaya akan: Keterbukaan, percaya akan Pilihan dan percaya akan Inovasi yang bisa dilakukan semua orang Selamat datang di Android! Semangat ini yang membawa Android terus berevolusi sampai sekarang, maka dalam 1,5 tahun kehadiran android, sudah dipercaya oleh: 59 Operator 48 Negara 21 OEM 100 ribu aplikasi 200ribu android baru diaktivasi setiap hari. Data sekarang sepertinya jauh lebih banyak, data ini kira2 ada di bulan Juni-Juli 2010. Sekarang, pada hari ini 21 Oktober 2010, android genap berumur 2 tahun.

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar muncul yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan sudah tersedia di pasaran pada tanggal 5 Januari 2010).
Pengembang aplikasi mobile [x] cubelabs menggambarkan sejarah Android dalam sebuah infographic seperti di bawah ini 

Leave a Reply

Kaskus

Click here

Click Here